Latar Belakang


Latar Belakang

Di era globalisasi seperti ini, pelajar dituntut untuk mengembangkan softskill dan hardskill agar dapat menunjang prestasi akademik dan non akademik. Kedua kemampuan tersebut akan berkembang melalui sebuah kompetisi yang terdapat persaingan sehat di dalamnya karena kompetisi dapat memicu kemampuan peserta dalam menemukan strategi dan meningkatkan kreasi. Strategi dan kreasi perlu diasah supaya tujuan yang telah direncanakan dapat tercapai. Input dalam melakukan suatu hal adalah bagaimana kita dapat merencanakan strategi yang tepat dalam mencapai keberhasilan, karena pada dasarnya, perencanaan yang strategis menjadi titik awal yang penting dalam melakukan pekerjaan. Kemudian outputnya adalah kreasi yang harus dikeluarkan berdasarkan strategi untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan.
Strategi dan kreasi seorang pelajar dapat tercipta dari sistem pembelajaran guru yang inovatif. Sistem pembelajaran guru yang inovatif merupakan dambaan setiap pelajar agar mereka bisa mengikuti pelajaran dengan senang dan tidak membosankan. Pembelajaran yang inovatif dapat menumbuhkan daya pikir dan imajinasi siswa sehingga dapat berkreasi sesuai kemampuan yang dimiliki dan dengan kreasi tersebut dapat menghasilkan prestasi.
Selain itu, pelajar saat ini juga dituntut memiliki kecerdasan intelektual yang optimal dan didukung dengan kreativitas serta softskill yang optimal pula. Kompetisi yang mengedepankan adanya semangat untuk berprestasi di dalamnya akan membuat peserta menjadi bersemangat dalam mengasah strategi dan kreasinya agar dapat berprestasi semaksimal mungkin. Dengan demikian, diharapkan para pelajar tersebut dapat berprestasi bukan hanya tingkat nasional saja, namun juga mampu bersaing di kancah internasional. Untuk itu dibutuhkan wadah untuk melatih pelajar dalam menumbuhkan semangat berkompetisi dan berprestasi, salah satunya dengan mengadakan kompetisi yang sehat. Berkaitan dengan hal tersebut, kami dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi bermaksud menyelenggarakan acara perlombaan di bidang akuntansi. Dalam sebuah perlombaan, para pelajar tersebut dilatih untuk bersikap sportif, jujur, berpikir cerdas, serta memiliki kemampuan menyelesaikan soal dengan benar secara efektif dan efisien. Selain itu, berkaitan dengan peran seorang pendidik yang harus profesional maka perlu adanya sebuah pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan pendidik untuk dapat menerapkan strategi belajar mengajar melalui media pembelajaran yang inovatif.
Berdasarkan hal-hal tersebut, kami selaku civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta periode 2016 ingin berpartisipasi dengan memberikan sumbangsih kepada pendidikan di Indonesia melalui Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) Tingkat SMTA se-Jawa Bali dengan maksud memberikan sebuah kesempatan untuk menguji dan melatih kemampuan dan keterampilan peserta didik serta Workshop Media Belajar Mengajar Guru yang Inovatif Guna Menciptakan Siswa yang Kreatif dan Berprestasi dengan maksud memberikan tambahan pengetahuan kepada guru mengenai media pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan dalam mata pelajaran di sekolah, sehingga dapat mencetak peserta didik yang dapat berkreasi dan berprestasi.

Tujuan Kegiatan   

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk :
1.      Meningkatkan potensi intelektual siswa-siswi peserta LCCA SMTA se-Jawa Bali dalam bidang Akuntansi.
2.      Sarana bagi guru berdiskusi dan mengembangkan pengetahuan serta pemahaman tentang Media Belajar Mengajar Guru yang Inovatif Guna Menciptakan Siswa yang Kreatif dan Berprestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar