Latar Belakang
Di
era globalisasi seperti ini, pelajar dituntut untuk mengembangkan softskill dan hardskill
agar dapat menunjang prestasi akademik dan non akademik. Kedua kemampuan tersebut akan berkembang
melalui sebuah kompetisi yang terdapat persaingan sehat di dalamnya karena
kompetisi dapat memicu kemampuan peserta dalam menemukan strategi dan meningkatkan
kreasi. Strategi dan kreasi perlu diasah supaya tujuan yang telah direncanakan
dapat tercapai. Input dalam melakukan
suatu hal adalah bagaimana kita dapat merencanakan strategi yang tepat dalam
mencapai keberhasilan, karena pada dasarnya, perencanaan yang strategis menjadi
titik awal yang penting dalam melakukan pekerjaan. Kemudian outputnya adalah kreasi yang harus
dikeluarkan berdasarkan strategi untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan.
Strategi dan kreasi seorang pelajar dapat
tercipta dari sistem pembelajaran guru yang inovatif. Sistem pembelajaran guru
yang inovatif merupakan dambaan setiap pelajar agar mereka bisa mengikuti
pelajaran dengan senang dan tidak membosankan. Pembelajaran yang inovatif dapat
menumbuhkan daya pikir dan imajinasi siswa sehingga dapat berkreasi sesuai
kemampuan yang dimiliki dan dengan kreasi tersebut dapat menghasilkan prestasi.
Selain itu, pelajar saat ini
juga dituntut memiliki kecerdasan intelektual yang optimal dan didukung dengan
kreativitas serta softskill yang
optimal pula. Kompetisi yang mengedepankan adanya semangat untuk berprestasi di
dalamnya akan membuat peserta menjadi bersemangat dalam mengasah strategi dan
kreasinya agar dapat berprestasi semaksimal mungkin. Dengan demikian,
diharapkan para pelajar tersebut dapat berprestasi bukan hanya tingkat nasional
saja, namun juga mampu bersaing di kancah internasional. Untuk itu dibutuhkan wadah untuk melatih pelajar dalam
menumbuhkan semangat berkompetisi dan berprestasi, salah satunya dengan
mengadakan kompetisi yang sehat. Berkaitan dengan hal tersebut, kami dari
Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi bermaksud menyelenggarakan acara
perlombaan di bidang akuntansi. Dalam sebuah perlombaan, para pelajar tersebut
dilatih untuk bersikap sportif, jujur, berpikir
cerdas, serta memiliki kemampuan menyelesaikan soal dengan benar secara efektif
dan efisien. Selain itu, berkaitan dengan peran seorang pendidik yang
harus profesional maka perlu adanya sebuah pelatihan yang dapat meningkatkan
kemampuan pendidik untuk dapat menerapkan strategi belajar mengajar melalui
media pembelajaran yang inovatif.
Berdasarkan hal-hal tersebut, kami selaku
civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta yang tergabung dalam Himpunan
Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta periode 2016 ingin
berpartisipasi dengan memberikan sumbangsih kepada pendidikan di Indonesia
melalui Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) Tingkat SMTA se-Jawa Bali dengan
maksud memberikan sebuah kesempatan untuk menguji dan melatih kemampuan dan
keterampilan peserta didik serta Workshop
Media Belajar Mengajar Guru yang
Inovatif Guna Menciptakan Siswa yang Kreatif dan Berprestasi dengan
maksud memberikan tambahan pengetahuan kepada guru mengenai media pembelajaran inovatif
yang dapat diterapkan dalam mata pelajaran di sekolah, sehingga dapat mencetak
peserta didik yang dapat berkreasi dan berprestasi.
Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk :
1. Meningkatkan potensi intelektual
siswa-siswi peserta LCCA SMTA se-Jawa Bali dalam bidang Akuntansi.
2. Sarana bagi guru berdiskusi dan mengembangkan pengetahuan serta pemahaman tentang Media Belajar Mengajar Guru yang Inovatif Guna Menciptakan Siswa yang
Kreatif dan Berprestasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar