Latar
Belakang
Pendidikan memiliki kekuatan dinamis dalam kehidupan setiap individu. Salah
satu dari unsur kekuatan tersebut adalah kemampuan intelektual. Kemampuan
intelektual yang baik membutuhkan suatu profesionalisme. Generasi penerus
bangsa diharapkan untuk dapat mensinkronkan dua kemampuan tersebut agar menjadi
penerus bangsa yang diharapkan dapat memperbaiki situasi dan kondisi negara
Indonesia saat ini yang dinilai sedang mengalami berbagai konflik yang
diakibatkan oleh rendahnya kesadaran intelektual dan profesionalisme para
masyarakat.
Oleh karena itu
diperlukan suatu wadah untuk menyeimbangkan kemampuan intelektual dan
profesionalisme peserta didik
khususnya dalam bidang Akuntansi untuk menjadi bekal
kesuksesan dalam
memperbaiki citra pendidikan Indonesia selama ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan diadakannya
perlombaan di bidang
Akuntansi yang akan melatih sikap sportif, jujur, dan percaya diri. Dengan perlombaan di bidang Akuntansi ini diharapkan
dapat memotivasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan intelektual dan
sikap profesionalisme. Dengan semakin berkembangnya kemampuan intelektual dan
sikap profesionalisme para peserta didik dalam bidang Akuntansi maka akan
tercipta sumber daya manusia yang kompeten di bidang tersebut. Hal ini dapat
membantu memperbaiki citra pendidikan di Indonesia karena dengan semakin banyak
sumber daya manusia yang kompeten di
bidang Akuntansi kualitas pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut tentu tidak lepas dari peran
pendidik. Pendidik dapat menjadi role model dengan menunjukkan kemampuan
intelektual dan sikap profesionalisme kepada para peserta didik. Dengan
kemampuan dan sikap tersebut akan menjadi bekal pendidik untuk membentuk
generasi penerus bangsa yang cerdas dan kompeten dalam hal intelektual serta
memiliki kepribadian dan karakter yang unggul.
Berdasarkan
hal-hal tersebut, kami selaku civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta
yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (HIMA DIKSI)
periode 2012 ingin berpartisipasi dengan memberikan sumbangsih kepada
pendidikan di Indonesia melalui Lomba
Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) Tingkat SMTA Se-Jawa dan Workshop Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SMTA 2012 dengan maksud
memberikan sebuah kesempatan untuk menguji kemampuan kognitif, afektif, dan
psikomotorik siswa, dan juga memberikan tambahan pengetahuan kepada guru
mengenai pentingnya keseimbangan antara kemampuan intelektual dan
profesionalisme.
Maksud
dan Tujuan
1.
Mengembangkan potensi intelektual
siswa-siswi SMTA dalam bidang Akuntansi.
2. Sebagai wadah bagi guru untuk berdiskusi dan mengembangkan pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas.
Tempat
Penyelenggaraan:
Auditorium FE UNY, Aula FE, dan LPPMP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu
Pendidikan)
UNY
Jadwal
Pelaksanaan : 4 November 2012 pukul 07.00 - 16.30
Tidak ada komentar:
Posting Komentar