Kamis, 06 September 2012

Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) Tingkat SMTA Se-Jawa dan Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SMTA 2012


Latar Belakang
Pendidikan memiliki kekuatan dinamis dalam kehidupan setiap individu. Salah satu dari unsur kekuatan tersebut adalah kemampuan intelektual. Kemampuan intelektual yang baik membutuhkan suatu profesionalisme. Generasi penerus bangsa diharapkan untuk dapat mensinkronkan dua kemampuan tersebut agar menjadi penerus bangsa yang diharapkan dapat memperbaiki situasi dan kondisi negara Indonesia saat ini yang dinilai sedang mengalami berbagai konflik yang diakibatkan oleh rendahnya kesadaran intelektual dan profesionalisme para masyarakat.
Oleh karena itu diperlukan suatu wadah untuk menyeimbangkan kemampuan intelektual dan profesionalisme peserta didik khususnya dalam bidang Akuntansi untuk menjadi bekal kesuksesan dalam memperbaiki citra pendidikan Indonesia selama ini. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan diadakannya perlombaan di bidang Akuntansi yang akan melatih sikap sportif, jujur, dan  percaya diri. Dengan perlombaan di bidang Akuntansi ini diharapkan dapat memotivasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan intelektual dan sikap profesionalisme. Dengan semakin berkembangnya kemampuan intelektual dan sikap profesionalisme para peserta didik dalam bidang Akuntansi maka akan tercipta sumber daya manusia yang kompeten di bidang tersebut. Hal ini dapat membantu memperbaiki citra pendidikan di Indonesia karena dengan semakin banyak sumber daya manusia  yang kompeten di bidang Akuntansi kualitas pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan. Peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut tentu tidak lepas dari peran pendidik. Pendidik dapat menjadi role model dengan menunjukkan kemampuan intelektual dan sikap profesionalisme kepada para peserta didik. Dengan kemampuan dan sikap tersebut akan menjadi bekal pendidik untuk membentuk generasi penerus bangsa yang cerdas dan kompeten dalam hal intelektual serta memiliki kepribadian dan karakter yang unggul.
Berdasarkan hal-hal tersebut, kami selaku civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (HIMA DIKSI) periode 2012 ingin berpartisipasi dengan memberikan sumbangsih kepada pendidikan di Indonesia melalui Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) Tingkat SMTA Se-Jawa dan Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SMTA 2012 dengan maksud memberikan sebuah kesempatan untuk menguji kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, dan juga memberikan tambahan pengetahuan kepada guru mengenai pentingnya keseimbangan antara kemampuan intelektual dan profesionalisme.
Maksud dan Tujuan
1.    Mengembangkan potensi intelektual siswa-siswi SMTA dalam bidang Akuntansi.
2.  Sebagai wadah bagi guru untuk berdiskusi dan mengembangkan pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas.
Tempat Penyelenggaraan
Auditorium FE UNY, Aula FE, dan LPPMP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan)
UNY
Jadwal Pelaksanaan         : 4 November 2012 pukul 07.00 - 16.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar