Sekilas
Tentang Seminar dan Workshop PTK Guru SLTA 2012
Oleh Hima Pendidikan Akuntansi UNY
Masalah
pendidikan adalah suatu usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan
bimbingan,
pengajaran,
dan latihan bagi peran mereka dimasa yang akan datang. Pendidikan mempunyai posisi strategis
dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia. Posisi yang strategis
tersebut dapat tercapai apabila pendidikan yang dilaksanakan mempunyai kualitas yang baik dan bermutu.
Namun,
dalam kenyataannya proses pendidikan yang terlaksana di kategorikan masih
kurang maksimal dikarenakan banyak ditemukan kendala di kelas pada saat proses belajar mengajar, sehingga hal tersebut banyak mempengaruhi hasil prestasi belajar peserta didik yang kurang optimal.
Berdasarkan
masalah tersebut, kami dari Himpunan Mahasiswa
Pendidikan Akuntansi UNY menyelenggarakan acara Seminar dan Workshop Guru dengan tema “Optimalisasi Penelitian
Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru”. Seminar sekaligus
workshop bagi guru mengenai penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan
pada hari minggu, 04 November 2012 (bertepatan dengan diselenggarakannya lomba
cerdas cermat akuntansi se-Jawa) yang bertempat di Lt. 2 gedung lemlit UNY*. Target
peserta yaitu guru SLTA (SMA/ SMK, Sederajat). Peserta acara ini tidak hanya
guru yang mengampu bidang studi akuntansi saja namun guru semua bidang studi.
Untuk para guru pendamping peserta LCCA Se-jawa 2012, acara ini merupakan
fasilitas yang sudah termasuk dalam biaya regristrasi. Bagi non pendamping
peserta LCCA (guru umum) dapat melakukan regristasi secara on-line ataupun
regristasi langsung di kesekretariatan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi
UNY dengan biaya Rp 45.000,-.
Adapun
gambaran acara tersebut adalah sebagai berikut :
Diawali dengan stadium general yang akan dibersamai oleh Bapak Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd.
Beliau adalah guru besar UNY yang ahli dalam bidang penulisan karya ilmiah. Di
sesi yang pertama ini beliau akan memberikan suatu gambaran apa itu karya tulis
ilmiah, latar belakang perlunya guru menulis karya ilmiah, pemberian gambaran
tentang jenis-jenis karya tulis ilmiah bagi guru, serta pemberian motivasi dan solusi untuk memperbaiki mutu pembelajaran dalam
rangka meningkatkan profesionalisme guru melalui sebuah karya tulis ilmiah.
Kemudian
di sesi yang kedua, peserta akan dibersamai oleh Ibu Ani Widayati, M.Pd. Di sesi yang kedua ini, peserta diberikan pemaparan
secara jelas mengenai karya tulis ilmiah yang lebih khusus yaitu dalam bentuk penulisan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilanjutkan dengan praktek langsung
(workshop) pembuatan proposal PTK, Sehingga para peserta diwajibkan membawa
suatu permasalahan nyata yang mereka alami sebagai guru SLTA dalam proses
belajar mengajar yang mereka jalani di sekolah mereka masing-masing. Harapannya
tidak hanya dalam bentuk proposal saja, melainkan dapat merealisasikan
penelitian tindakan kelas tersebut pada sekolah mereka masing-masing sehingga
dapat memudahkan dalam menganalisis dan memperoleh suatu informasi dari
penelitian tindakan kelas yang mereka jalani guna mendapatkan suatu solusi atas
masalah pembelajaran yang mereka hadapi.
Tujuan
umum diadakannya acara ini yaitu diharapkan mampu menjadi sarana penyalur
informasi maupun sarana sosialisasi akan pentingnya karya tulis ilmiah melalui
penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan profesionalisme guru sebagai tenaga
pengajar
guna mencapai suatu kualitas mutu pendidikan yang optimal untuk kedepannya.
Amin’’..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar